Profil Kegiatan di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus

 

Profil kegiatan di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus

Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kabupaten Kudus terletak  di wilayah yang tingkat lalu lintas yang tinggi dan berada di tengah kota yang padat penduduknya sehingga Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi mempunyai aksesbility dan sangat mudah dijangkau. Fasilitas Pelayanan Fasilitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Loekmono Hadi Kabupaten Kudus meliputi fasilitas rawat inap, rawat jalan, penunjang dan administrasi. Fasilitas tersebut digunakan untuk mendukung pelayanan pada pasien.

Saya pernah meakukan Kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus bersm teman temn saya satu keompok. Disna kami selaku mahasiswa dari jurusan keperawatan gigi di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus mulai kegiatan dari serah terima mahasiswa praktikan dan orientasi oleh instalasi Diklat RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. Pada acara orientasi, kami diberi pengarahan dan penjelasan mengenai tata tertib dan peraturan di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus serta dijelaskan beberapa materi seperti pencegahan dan pengendalian infeksi, SKP, dan bantuan hidup dasar.

Hari kedua, kami melaksanakan apel pagi sesuai dengan ketentuan bahwa seluruh praktikan wajib untuk mengikuti apel pagi. Kemudian kami menemuni CI untuk orientasi ruangan klinik gigi dan pembagian tugas untuk pemenuhan target Praktek Kerja Lapangan. Sebelumnya kami melakukan mebagian tugas untuk piket dan membuat jadwal untuk kegiatan selama di sana, tentu saja dengan persetuun pembimbing praktik lahan atau baiasa dipanggil CI.

Kegiatan kegiatan di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus

  Description: C:\Users\acer\Downloads\WhatsApp Image 2019-11-02 at 12.18.33.jpeg

Berdasarkan pembagian tugas dan piket yang diberikan  oleh pembimbing praktek lahan atau CI, kami harus melaksanakan dan memenuhi kegiatan berupa asistensi tindakan  perawatan gigi di dental chair yang telah ditentukan untuk memenuhi target pendidikan kesehatan gigi pada individu, komunikasi dalam keperawatan gigi, dental assisten serta preventive dentistry, selain itu kami juga membatu mengerjakan pada bagian administrasi untuk membantu memenuhi target asuhan keperawatan gigi. Sedangkan untuk target pengendalian infeksi silang, kami diberi tugas praktek di CSSD selama 2 hari dan melakukan sterilisasi ruangan dan alat di klinik gigi dan mulut RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus secara bergantian.

Rangkaian kegiatan yang kami lakukan di klink gigi dan mulut adalah sebagai asisten dokter gigi dan membantu pelayanan administrasi. Asistensi dilakukan sesuai kasus dan tetap dibimbing dan diawasi oleh perawat gigi pembimbing serta dokter gigi di klinik gigi. Selain itu kami  juga diperkenankan memberikan penyuluhan  individu pada pasien yang membutuhkan pendidikan kesehatan gigi, kami juga diberi kesempatan melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan gigi pada kelompok pasien jiwa di bangsal jiwa. Pada CSSD kami melakukan kegiatan membantu petugas pada instalasi CSSD, antara lain melipat kasa steril, menggulung bikas steril, pouching, membantu mengeringkan alat dan membantu menerima alat kotor yang masuk.

Dalam kegiatan pendidikan kesehatan gigi, saya memberikan materi mengenai cara menggosok gigi, cara mencegah karang gigi dan cara menjaga kebersihan gigi dan mulut pada balita. Sedangkan pada penyuluhan kelompok, saya memberikan materi cara menggosok gigi dan penyuluhan tentang karn gigi.

No comments:

Post a Comment